Menjaga keamanan smartphone – Saat ini, Smartphone sudah menjadi salah satu bagian masyarakat. Tak hanya untuk anak muda saja, tetapi orang dewasa pun tak bisa dipisahkan dari perangkat serba guna ini. Apalagi dengan kelengkapan fasilitas dan fitur yang canggih, wajar jika aktivitas sehari-hari kita dihabiskan dengan memakai smartphone, seperti berkomunikasi dengan sesame, urusan pekerjaan atau pendidikan, hiburan, transportasi sampai urusan transaksi belanja dan perbankan.

Dengan berbagai aktivitas yang seringkali dilakukan lewat smartphone, tak heran jika ada banyak data-data yang bersifat pribadi tersimpan dalam smartphone. Tentu saja hal ini bisa berbahaya jika Anda lalai menjaga keamanan smartphone. Terlebih lagi jika ponsel Anda tiba-tiba dicuri orang atau hilang. Pihak lain bisa saja mengotak-atik data pribadi Anda dengan mudah.

Alasan Penting Menjaga Keamanan Smartphone

Di bawah ini ada beberapa alasan kenapa Anda harus menjaga keamanan smartphone Anda dengan baik, sebagai berikut :

Foto-foto yang tersimpan dalam smartphone bisa disalahgunakan

Kita semua tentu saja sering mengambil foto lewat smartphone dan tersimpan dalam memori smartphone, seperti foto pribadi, foto bisnis, teman, dan keluarga. Jika terjadi pencurian smartphone, tentu saja foto-foto Anda bisa dicuri atau bahkan disalahgunakan. Seperti penyalahgunaan foto-foto Anda dengan membuat akun palsu maupun hal lainnya.

Penyebaran data-data pribadi yang bersifat rahasia

Bagi Anda yang terbiasa menerima dan mengirim dokumen rahasia melalui email lalu menyimpannya di smartphone, Anda harus hati-hati. Jika lengah, maka Anda bisa saja kehilangan data-data penting yang bersifat rahasia atau bahkan pihak yang tak bertanggung jawab memperjualbelikan atau menyebar data-data tersebut. Jangan sampai Anda dirugikan karena kelalaian Anda sendiri. Penting diketahui bahwa keamanan smartphone adalah hal terpenting yang harus Anda jaga.

Nomor kontak teman-teman atau keluarga menjadi sasaran penipuan

Smartphone yang tidak dilengkapi oleh pengaman bisa berbahaya, apalagi jika jatuh ke tangan yang salah. Nomor kontak keluarga atau teman Anda bisa saja menjadi sasaran penipuan yang mengatasnamakan diri Anda. Tentu hal ini sangat berbahaya dan merugikan.

Nomor PIN m-banking atau sms banking yang tersimpan bisa merugikan

JIka Anda masih sering menyimpan nomor PIN atau password di dalam smartphone, sebaiknya jaga privasi catatan PIN atau password tersebut. Apalagi untuk password atau PIN akun perbankan. Awalnya, mungkin Anda berpikir jika catatan tersebut memudahkan Anda saat melakukan transaksi atau log in, tapi hal tersebut juga bisa merugikan Anda dalam sekejap. Orang bisa membaca catatan Anda dengan mudah dan bahkan melakukan transaksi keuangan tanpa diketahui. Catatan-catatan tersebut bisa merugikan Anda jika smartphone Anda hilang atau dicuri.

Data-data pekerjaan hilang

Jika Anda lalai menjaga keamanan smartphone, bisa saja semua data-data pekerjaan yang tersimpan di smartphone Anda hilang. Semua data-data pribadi yang tersimpan dalam memori smartphone Anda hilang. Imbasnya, Anda harus mengulang pekerjaan yang sudah dikerjakan selama ini dari awal lagi. Karena itu, jika Anda menyimpan data-data pekerjaan di smartphone sebaiknya back up di tempat lain. Misalnya back up data pekerjaan Anda di USB, laptop, atau komputer kantor Anda. Harus diingat bahwa penyimpanan data di smartphone mungkin memudahkan Anda tapi perlu diingat keamanannya. Mengingat bisa saja smartphone hilang, terjatuh atau dicuri. Selain itu, Anda bisa memilih smartphone dengan fitur keamanan canggih sehingga semua data-data penting Anda tidak hilang begitu saja.