Bagi kamu yang baru saja lulus SMA/SMK dan akan kuliah atau bekerja di luar kota, barangkali kamu belum pernah menyewa kamar kost. Sebelum kamu mulai mencari penyedia sewa kost, perhatikan hal-hal berikut ini :

Cari Lokasi Kost yang Dekat Kampus / Tempat Kerja

Mencari kost yang dekat dengan kampus atau tempat kerjamu sangatlah penting agar kamu tidak terlambat kuliah atau bekerja. Apalagi jika kamu tidak memiliki kendaraan pribadi dan ke manapun tergantung dengan ojek online maka sebaiknya pilihlah tempat kost yang dekat dengan kampus atau tempat kerjamu.

Namun perlu kamu ketahui bahwa kamar kost yang disewakan dekat dengan kampus atau tempat kerja biasanya memiliki harga sewa yang cukup tinggi.

Selain itu jika kamu jarang memasak sendiri maka kamu perlu mencari kost-kostan yang di sekitarnya banyak warung makan, pasar dan minimarket agar jika malam hari kamu kelaparan maka kamu tidak perlu bingung mencari makan.

Bandingkan Harga

Jangan hanya mengunjungi satu atau dua penyedia sewa kost. Kunjungilah setidaknya tiga kost-kostan agar kamu bisa membandingkan harga. Namun ingat harga sewa kost di dekat kampus lebih mahal dibandingkan dengan harga sewa di tempat yang cukup jauh dari kost biasanya berbeda meskipun fasilitasnya sama.

Lihat Suasana Lingkungan Sekitar Kost

Melihat lingkungan di mana kost-kostan tersebut berada sangatlah penting, terutama jika kamu adalah perempuan. Carilah lingkungan kost-kostan yang sekiranya aman, jarang terjadi pencurian.

Kamu juga harus pahami betul tipe masyarakat di sekitar kost-kostanmu apakah mereka tipe yang konservatif atau santai. Hal ini penting kamu perhatikan karena jika pacarmu berkunjung ke kost-kostanmu bisa jadi bahan gunjingan warga di sekitar kost.

Tanyakan Peraturan yang Ada di Kost

Meskipun kamu belum pasti menyewa kamar di suatu tempat sewa kost, saat kamu baru melakukan survei kamu juga perlu mengetahui peraturan apa saja yang ada di kost itu agar nanti kamu tidak menyesal.

Contohnya kebanyakan kost-kostan saat ini memberlakukan jam malam maksimal jam sepuluh atau jam sebelas malam. Jika kamu adalah tipe mahasiswa yang aktif dan berniat untuk mengikuti beragam organisasi di kampus tentu saja kost-kostan yang memiliki jam malam tersebut akan menyusahkanmu.

Jika kamu pencinta binatang dan memiliki hewan peliharaan maka kamu wajib menanyakan pada pihak pengelola kost apakah di sana boleh membawa hewan peliharaan.

Pilihlah kost-kostan yang aturannya sesuai dengan kebutuhanmu mendatang.

Jangan Langsung Sewa Setahun

Ketika baru pertamakali menempati kamar kost yang kamu sewa, tentu saja kamu harus menyesuaikan diri baik dengan lingkungan di dalam kost seperti dengan teman-teman kost atau dengan lingkungan di luar kost seperti warga sekitar.

Tiap orang memiliki kemampuan adaptasi yang berbeda. Jika kamu tipe orang yang sulit berbaur dengan banyak orang dan butuh waktu yang lama untuk beradaptasi maka sebaiknya kamu jangan langsung menyewa kamar kost untuk masa sewa setahun. Karena jika nanti di tengah jalan kamu tidak betah dan ingin pindah tempat kost maka uang kost yang telah kamu bayarkan akan sia-sia.

Bayarlah uang sewa untuk tiga atau enam bulan ke depan agar jika kamu tidak betah dan ingin pindah tidak perlu repot mencari orang lain yang mau oper kamar kost yang telah kamu bayar.

Jika mengunjungi kost-kostan satu per satu secara langsung tentu akan sangat repot karena memakan waktu dan tenaga yang banyak, tapi kamu jangan khawatir karena kini kamu bisa mencari, mensurvei dan membandingkan kamar kost di tempat sewa kost satu dengan di tempat sewa kost di tempat lain melalui https://sewakamar.id.

Melalui website tersebut kamu hanya perlu duduk manis di depan gadgetmu tanpa perlu menghabiskan bensin untuk pergi dari satu tempat sewa kost ke tempat yang lain.